Published on

Setan Datang saat Kematian - Ustadz Johan Saputra Halim, M.H.I. - Perjalanan Setelah Kematian

Authors

Alhamdulillahirabbil'alamin,

Ini adalah silsilah perjalanan setelah kematian,

ketika Allah hendak mewafatkan seorang hamba dan mengutus malaikat maut. Malaikat juga menampakkan diri di hadapan orang-orang beriman. Kemungkinan syaiton juga hadir menampakkan diri untuk menjerumuskan manusia pada terakhir kalinya dengan kemaksiatan.

Al-Qur'an menyiratkan tentang hal ini,

"Dan katakanlah wahai rabku aku berlindung kepadamu dari bisikan syaithon, dan aku berlindung kepadamu dari kehadiran syaiton"

Yang dimaksud adalah kehadiran syaithon saat ajal tiba. Pada saat itulah syaithon tiba menampakkan diri.

Putra Imam Ahmad, Imam Ahmad bin Hambal, detik-detik kematian ayahnya. Ketika itu Imam Ahmad tidak siuman. beliau mengatakan, "tidak, belum". Maka ketika tersadar, putranya bertanya pada sang Ayah, Pada saat itu beliau sakit keras yang mengantarkan beliau pada kematian.

Syaithan di sampingnya mengatakan, "Wahai, ahmad, engkau telah berhasil mengalahkan aku", maka aku mengatakan "tidak, belum. Sampai aku mati" , disini syaithon hadir, bahkan menampakkan diri. Ingin menanamkan kebanggaan diri pada diri Imam Ahmad, namun Imam Ahmad dengan ilmunya, ia menghindari jebakan syaithon.

Demikianlah, jika tanpa ilmu dan amal sholeh disertai keikhlasan, sangat rentan di akhir hidup kita, syaithon menggelincirkan kita.